Rabu, 11 September 2019

Sarang Madu - Honeycomb

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim.

Halo, saya achrijal, ini adalah bulan ke 11 saya menjalankan bisnis saya, saya menjual madu. Yaaa,,, siapa yang tidak tau tentang madu. Bedanya saya menjual madu ini langsung dari sarang madunya. Di negara saya (Indonesia) beberapa orang meragukan keaslian dari madu kemasan, karena banyak sekali penjual yang tidak jujur dengan memberikan campuran gula cair pada madu yang mereka jual. Tentu hal ini akan merusak rasa serta khasiat dari madu tersebut.

Alhamdulillah di bulan ke 11 ini saya sudah memiliki 4 cabang di Indonesia, Bandung, Cirebon, Jakarta dan Tangerang. Kedepannya saya mengincar beberapa kota lagi untuk mengembangkan bisnis ini. Bali, Aceh, Medan sejauh ini terlihat potensial.

Tentunya saya tidak sendiri dalam menjalankan bisnis ini, saya dibantu dengan beberapa rekan saya di kota itu. Namun secara teknis saya yang menjadi dalang atau "otak" dari bisnis ini, dan satu orang rekan saya sebagai investor. Dalam berbisnis saya tidak pernah menggunakan uang saya sendiri sebagai modal, selalu ada orang yang memberikan uangnya pada saya untuk saya gunakan. Tentunya dengan pembagian keuntungan.

Selain mengembangkan bisnis saya di Indonesia saya juga berencana melebarkan bisnis saya ke luar negri, saya mengikuti seminar seputar ekspor impor untuk mengetahui tatacaranya, tapi kurang lebih yang didapat sama seperti yang dosen saya berikan di kelas. Sedangkan itu bukan yang saya butuhkan sekarang. Saat ini saya mengharapkan info “ekspor impor” yang lebih detail, info cara menjual, serta perantara antara saya dan pasar diluar negri tersebut.

Satu satunya yang saya tau saat ini untuk menjangkau pasar luar negri adalah dengan “Marketplace” seperti amazon.com atau alibaba.com dan semacamnya.

Apakah ada yang percaya pada saya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar